Jumat, 06 Maret 2009

Tentang Dinar Dirham


1. Apa Dinar dan Dirham itu?
Dinar Islam adalah koin yang terbuat dari emas berkadar 22 karat (91,70%) dengan berat 4,25 gram. Dirham Islam adalah koin yang terbuat dari logam perak murni dengan berat 3 gram.

2. Apa kegunaan Dinar dan Dirham?
Dinar dan Dirham berguna sebagai alat pembayaran zakat agar sesuai rukun zakat sebagaimana diwajibkan dalam syariah dan sunnah, juga dapat digunakan sebagai tabungan dan investasi, sebagai alat tukar atau mata uang, serta sebagai mahar, serta sedekah atau hadiah.

3. Apa keuntungan menggunakan Dinar dan Dirham?
Keuntungan utamanya adalah kembali menunaikan Muamalat dan membayar zakat sebagaimana diwajibkan dalam syariah dan sunnah serta menggunakan alat tukar yang halal. Harta anda juga akan terselamatkan dari gerogotan inflasi. Ketika nilai tukar mata uang kertas anda terus merosot, nilai dinar emas anda akan terus meningkat. Pada 2003 (per Oktober) nilai tukar Dinar adalah Rp. 450.000, 2005 jadi Rp. 652.000, 2006 jadi Rp.785.000, 2007 jadi Rp. 947.000 dan pada 2008 nilai tukar Dinar telah melewati Rp. 1.200.000. Apresiasi Dinar emas per tahunnya adalah sekitar 25%.

4. Siapa yang mencetak Dinar?
Dinar dan Dirham dicetak oleh Islamic Mint di berbagai kota di dunia, di Indonesia berada dibawah Amirat Jakarta. Pencetakan Dinar dan Dirham sendiri secara fisik dilakukan oleh PP Logam Mulia Indonesia, anak perusahaan PT. Aneka Tambang, sebuah BUMN. Standar Dinar dan Dirham ini mengikuti ketentuan dari WITO (World Islamic Trading Organization).

5. Berapa nilai tukarnya?
Nilai tukar dinar dan Dirham mengikuti harga pasar emas dan perak dunia yang berlaku pada saat transaksi, ditambah dengan sedikit ongkos cetak dan biaya distribusi. Nilai tukar Dinar bisa diketahui di www.wakalanusantara.com atau http://tri-wakalaalbanadinardirham.blogspot.com setiap harinya, atau menelpon ke no 021 27157654

6. Apakah Dinar bisa ditukar kembali?
Dinar bisa ditukar kembali di wakala-wakala yang terdekat dengan anda, termasuk wakala albana. Wakala akan menukar Dinar dari anda senilai nilai tukar koin saat ini, dengan dikenai service fee sebesar 4%.
dengan kata lain Dinar anda akan dinilai kembali setara 96% dari nilai dinar pada saat transaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar